Wajib Hindari! Ini Bahaya Obesitas bagi Kesehatan menurut SehatQ.com


Obesitas atau yang juga disebut sebagai kondisi kegemukan, sekarang ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang dianggap serius. Pasalnya, jumlah penderita obesitas tiap tahun kian meningkat bahkan mencapai 2x lipat. 

Kondisi ini sangat penting diperhatikan, mengingat bahaya kegemukan bisa memunculkan berbagai masalah kesehatan. Lalu apa saja sebenarnya risiko yang sering dialami oleh para penderita kegemukan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa pahami melalui direktori penyakit di SehatQ di bawah ini.

Sederet Bahaya Obesitas bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa bahaya atau dampak obesitas bagi kesehatan tubuh.

1. Kanker

Kondisi obesitas, ternyata bisa memicu terjadinya berbagai jenis kanker. Seperti halnya kanker ovarium, pankreas, usus besar, ginjal, kerongkongan, kantung empedu, prostat, dll. 

2. Osteoarthritis

Kegemukan dapat memberikan tekanan berlebih di area sendi ketika menahan beban tubuh. Belum lagi bila seseorang mengalami peradangan. Di mana kondisi tersebut akan semakin memperparah radang dan memicu osteoarthritis. Sehingga yang terjadi, Anda akan sering mengalami kaku sendi, linu, rasa nyeri, dan sebagainya.

3. Diabetes

Obesitas bisa menyebabkan insulin dalam tubuh tidak bekerja secara baik dan optimal. Sehingga risikonya, kadar gula darah semakin meningkat dan jadi tidak terkontrol. Inilah yang akhirnya menimbulkan penyakit diabetes.

4. Batu Empedu

Seseorang akan lebih berpotensi mengalami penyakit batu empedu bila dalam kondisi berat berlebih. Karena di dalam empedu penderitanya, cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi. Kondisi ini bisa menyebabkan terbentuknya batu empedu dan pembesaran kantung empedu.

5. Masalah Pencernaan

Seseorang dengan kondisi berat badan berlebih, seringkali mengalami masalah pada organ pencernaan. Penyebabnya adalah gangguan organ hati dan kantung empedu, serta terjadinya heartburn. Ditambah lagi bila seseorang cenderung memiliki pola makan buruk ketika obesitas. Tentu saja resiko sembelit sangat besar terjadi. 

6. Sleep apnea

Lemak yang menumpuk di organ pernafasan, seringkali memicu terjadinya sleep apnea ketika tidur. Kondisi tersebut sangatlah berbahaya, karena bisa mengakibatkan berhenti nafas secara berulang. 

Jika dibiarkan, kondisi tersebut bisa mengakibatkan dampak terburuk yaitu kematian. Penyebab lainnya adalah penumpukan lemak di area perut yang bisa mengurangi fungsi paru-paru. 

Sehingga efeknya, masalah pernapasan terjadi saat tidur atau bahkan saat beraktivitas. Kemungkinan lain ialah timbulnya jaringan lemak yang ada di dinding perut dan area sekitar. Penumpukan lemak tersebut bisa saja menghambat gerakan diafragma. 

7. Gangguan Jantung dan Stroke

Bahaya lain yang mengintai penderita kegemukan adalah risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini juga seringkali bertambah parah dengan tingginya kadar kolesterol. Alhasil, tubuh lebih berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

8. Gangguan Reproduksi

Bahaya selanjutnya adalah mengakibatkan gangguan di organ reproduksi dan seksual. Termasuk gangguan siklus menstruasi bagi wanita, serta terjadinya disfungsi ereksi bagi pria. 

Selain itu, wanita dengan kegemukan juga perlu waspada munculnya risiko infertilitas yang mungkin terjadi. Infertilitas adalah gangguan kesuburan yang mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam program kehamilan. Terutama saat melalui siklus pembuahan secara alami. 

Selain itu, kegemukan juga dapat mengganggu terapi yang bertujuan untuk melancarkan siklus ovulasi. Sehingga keberhasilan terapi saat program kehamilan bisa terganggu, bila tubuh mengalami kegemukan. 

Mengetahui apa saja bahaya tubuh bila mengalami obesitas, tentu akan membuat Anda lebih menjaga berat badan. Berbagai gaya hidup sehat juga perlu Anda lakukan demi mengatasi dampak buruk tersebut. SehatQ.com senantiasa memberikan informasi penting seputar risiko kegemukan yang perlu Anda pahami. 

Belum ada Komentar untuk "Wajib Hindari! Ini Bahaya Obesitas bagi Kesehatan menurut SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel